Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1434

Selamat BErpuasaBulan mulia yang didamba setiap hamba Allah yang beriman telah tiba, hilal yang tidak dapat dilihatĀ (imkanur ru’yah) pada hari Selasa kemarin mendorong penyempurnaan bulan sya’ban mejadi 30 hari. Sehingga Rabu, 10 Juli 2013 adalah hariĀ perdana kita menunaikan ibadah puasa wajib di Bulan Ramadhan tahun ini.

Seluruh civitas akademika Yayasan Soebono Mengucapkan :”SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADHAN 1434 H” Semoga ibadah puasa di tahun ini lebih berkualitas dibanding dengan tahun sebelumnya.

Prisip dasar puasa adalah mengendalikan diri secara total, mengendalikan niat untuk mencegah masuknya segala sesuatu benda padat ke dalam perut melalui jalur yang lazim, selain mulut juga melalui mata, telinga, hidung, qubul dan dubur, dan nafsu seksual. Namun perlu diperhatikan puasa yang demikian adalah puasa yang hanya bisa menempa jasadi dan kurang berpengaruh pada kondisi ruhani.

Adapun puasa untuk mendidik ruhani adalah, dilakukan dengan cara mencegah segala sesuatu tidak saja dhohiriyah tetapi juga hal-hal yang dapat mempengaruhi kesucian jiwa, seperti mencegah pandangan, pendengaran, tingkah laku dan mencegah hati dari keberpalingan dari Allah swt. Puasa dengan cara ini tentu bukan hal mudah. Oleh karena itu marilah kita saling mendoakan dan selalu meminta inayah-Nya agar mampu menjalankan puasa yang tidak hanya jasadi tetapi juga Ruhani. Semoga kita semua selalu bernaung rahmat, inayah dan mencapai maghfirah-Nya. Amiiin ya rabbal alamiin