Madrasah Diniyah

Dalam lingkungan pendidikan yang berada di bawah naungan Yayasan Soebono Mantofani, Madrasah Diniyah adalah lembaga pendidikan tertua dibandingkan dengan lembaga-lembaga pendidikan yang ada saat ini dan secara ispiratif menjadi cikal bakal tumbuh-kembangnya secara lembaga-lembaga pendidikan lainyna. Pasang surutnya Madrasah Diniyah saat ini banyak dipengaruhi oleh manjamurnya TPA-TPA yang semakin marak di sekeliling lingkungan Yayasan itu sendiri. Namun..

demikian Madrasah Diniyah tetap konsisten dalam bingkai kurikulum yang mandiri dan target yang pasti. Adapuntarget yang hendak dicapai dalam pengajaran pada jenjang ini terbagi menjadi tiga level atau tingkatan.

Pertama; Mengajarkan anak didik di atas usia 4 tahun dengan target ketuntasan sampai mengerti tentang huruf-huruf arab dan do’a-do’a mudawamah yang dibaca setiap harinya.

Kedua; Memperkenalkan anak didik dengan bacaan-bacaan yang sesuai dengan kaidah tajwid serta makharijul huruf dengan bacaan yang baik dan benar. Standar buku pegangan yang dipakai adalah iqra dari jilid 1 sampai 6 Ketiga,

Ketiga; Mengajarkan setiap anak didik dengan target puncak yaitu tahfidz surat yasin secara penuh. target ini mempunyai nilai yang berarti bagi santri kecil itu sendiri dan bagi masyarakat khususnya orang tua santri itu sendiri, di mana hampir di semua pertemuan atau ritual kultural surat yasin ini dianggap sebagai surat pemberi berkah.

Waktu belajar yang dipersiapkan bagi santri cilik untuk Madrasah Diniyah yaitu pagi dan sore, pagi diperuntukkan bagi mereka yang sekolah formalnya pagi, begitu juga sebaliknya;

a. Pagi pk. 05.00-06.30 (ba’da Subuh)
b. Sore pk.15.30-17.00 (ba’da Ashar)

Besar harapan kami atas partisipasi dan kepercayaan masyarakat sekita mampu memacu kinerja guru dan seluruh civitas akademika di Yayasan Soebono pada umumnya dan di lembaga Madrasah Diniyah itu sendiri pada umumnya.

التعلم فى الصغار كالنقس على الحجر. التعلم فى الكباركالنقس على المأ
Belajar di waktu kecil bagaikan mengukir di atas batu
Belajar di waktu besar bagaikan mengukir di atas air