MA

Pada dasarnya Madrasah Aliyah (MA) – secara umum – dibangun atas dasar adanya keinginan bersama untuk membentuk peserta didiTambah Gambarknya (siswa/i) agar lebih mengerti dalam masalah Agama Islam secara lebih mendalam dibanding dengan sekolah lain (Sekolah Menengah Umum). Oleh karenanya, sering kali orang menyebut dengan istilah Sekolah Menengah Umum (SMU) berciri khas Agama Islam. Ada 6 (enam) nilai-nilai pendidikan yang sengaja dikembangkan di MA, yaitu :
1. Iman & taqwa kepada Allah SWT,
2. Menimba ilmu secara terus menerus & istiqamah dalam usaha
mengaktualisasikan potensi diri,
3. Tawakkal dalam arti menerima & menghormati diri sendiri,
4. Menghormati & memperhatikan orang lain beserta hak-hak mereka,
5. Bertanggungjawab terhadap masyarakat, dan
6. Bertanggungjawab terhadap alam sekitar.

Bertolak dari keinginan dan kenyataan pada masyarakat, arah pengembangan pendidikan di MA bertujuan untuk dapat “Mengantarkan peserta didiknya menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, berkepribadian, mengasai ilmu pengetahuan dan tekhnologi, serta mampu mengaktualisasikan diri dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara”.

MA adalah satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan keagamaan Islam dan pendidikan umum pada jenjang pendidikan menengah.
Penyelenggaraaan pendidikan di MA dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, menguasai dasar-dasar dan penerapan ilmu agama dan ilmu pengetahuan, tekhnologi, seni budaya, nilai keagamaan dan mampu memecahkan masalah untuk hidup dalam keragaman masyarakat, dan mengikuti pendidikan lebih lanjut dan/atau memasuki dunia kerja.

MA merupakan lembaga pendidikan formal keagamaan yang proses pendidikannya berlangsung selama 3 (tiga) tingkatan, yaitu dari kelas X (sepuluh) untuk tahun pertama, kelas XI (sebelas) untuk tahun kedua dan kelas XII (dua belas) untuk tahun ketiga.

Visi Madrasah Aliyah

Visi MA adalah penguasaan ilmu agama dan ilmu pengetahuan yang diperlukan bagi tingkatan pendidikan menengah untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, penguasaan kecakapan hidup yang diperlukan untuk memasuki dunia kerja, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan anggota masyarakat dan lingkungannya dengan landasan akhlak mulia.

Misi Madrasah Aliyah
Misi MA adalah :
1. Memberikan penguasaan atau kompetensi dalam ilmu keislaman, kewarganegaraan, Bahasa (Indonesia, Arab dan Inggris), matematika, sains, pengetahuan sosial, seni dan budaya, pendidikan jasmani dan keterampilan yang dibutuhkan.
2. Menyiapkan lulusan yang mampu menginternalisasi nilai-nilai keislaman dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai bagian dari sistem pendidikan dasar dan menengah, MA membekali sisiwanya dengan kompetensi-kompetensi sebagai berikut :
1. Siswa sebagai makhluk Allah SWT menyadari bahwa setiap orang mempunyai hak untuk dihargai dan merasa aman. Dalam kaitan ini siswa memahami hak-hak dan kewajibannya serta menjalankansecara bertanggung jawab.
2. Siswa dapat menggunakan bahasa yang komunikatif untuk memahami, mengembangkan dan mengomunikasikan gagasan dan informasi serta untuk berinteraksi dengan orang lain.
3. Siswa mampu memilih, memadukan dan menerapkan konsep-konsep dan tekhnik-tekhnik numerik dan spasial, serta mampu mencari dan menyusun pola, struktur dan hubungan.
4. Siswa menyadari kapan/apa tekhnologi dan informasi yang diperlukan, dimana ditemukan dan diperoleh dan mampu menilai, menggunakan dan berbagai informasi dengan yang lain.
5. Siswa dapat memahami dan menghargai dunia fisik, makhluk hidup dan tekhnologi, disamping mempunyai pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai untuk mengambil keputusam yang tepat dan intelektual serta menerapkan nilai-nilai luhur untuk meningkatkan kematangan pribadi menuju masyarakat yang beradab.
6. Siswa dapat memahami konteks budaya, geografi dan sejarah serta memiliki pengetahuan keterampilan dan nilai-nilai untuk berpartisifasi aktif dalam kehidupanya serta berinteraksi dan berkontribusi dalam masyarakat dan budaya global.
7. Siswa dapat memahami dan berpartisifasi dalam kegiatan kreatif di lingkungannya untuk saling menghargai karya artistik, budaya dan intelektual serta menerapkan nilai-nilai luhur untuk meningkatkan kematangan pribadi menuju masyarkat beradab.
8. Siswa dapat menunjukkan kemampuan berpikirsecara terarah, berpikir literal, memperhitungkan peluan dan potensi, serta siap untuk menghadapi berbagai kemungkinan.
9. Siswa mampu menunjukkan motivasi dan percaya diri dalam belajar serta mampu bekerja mandiri sekaligus dapat bekerja sama.

Propfil Lulusan Madrasah Aliyah

Secara khusus, profil lulusan MA memiliki kompetensi sebagai berikut :
1. Berperilaku dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan ajaran agama Islam yang mencerminkan keyakinan dan ketaqwaan.
2. Menginternalisasikan nilai agama dan nilai dasar humaniora yang diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat serta menunjukkan sikap kebersamaan dan saling menghargai dalam kehidupan yang pluralis/multikultural.
3. Memiliki wawasan kebangsaan dan bernegara.
4. Memahami dan menjalankan hak dan kewajiban untuk berkarya secara produktif, kompetitif, koperatif dan mampu memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab.
5. Berpikir logis dan kritis dalam memecahkan masalah, serta mampu berkomunikasi secara verbal baik lisan maupun tulisan sesuai dengan konteksnya melalui berbagai mediatermasuk tekhnologi informasi.
6. Memanfaatkan pengetahuan dan kecakapan yang dimiliki untuk hidup di masyarakat.
7. Meningkatkan pengetahuan dan kecakapan memalui belajar secara mandiridalam rangka membangun masyarakat belajar.
8. Gemar berolah raga, menjaga kesehatan, membangun ketahanan dan kebugaran jasmani.
9. Berekspresi dan menghargai seni dan keindahan.
10. Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan akademik.

Struktur Kurikulum

Kurikulum MA terdiri dari 2 (dua) rumpun mata pelajaran utama, yaitu rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab, dan rumpun mata pelajaran non-PAI (Ilmu Pengetahuan Umum baik eksak maupun humaniora). MA menyelenggarakan 4 (empat) kemungkinan pengkhususan program, yaitu : (1) Program Ilmu Pengetahuan Alam, (2) Program Ilmu Pengetahuan Sosial, (3) Program Bahasa (selain Bahasa Arab) dan (4) Program Ilmu Agama Islam. Program yang disebut terakhir ini dahulunya dikenal dengan Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) atau yang kemudian disebut Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK). Program studi yang beragam tersebut dimaksudkan untuk memberikan peluang bagi siswa untuk belajar sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka. Pemilihan program studi dilaksanakan sejak kelas XI sampai kelas XII (kelas 2 dan kelas 3 MA). Sementara bagi para siswa yang masih menempuh masa pendidikannya di kelas X (kelas 1 MA) dilaksanakan program bersama (umum).

Keempat program studi tersebut secara ringkas dapat diuraikan sebagai berikut :
1. Program Studi Ilmu Pengetahuan Alam menekankan pada pemahaman prinsip alam serta mendorong siswa untuk bekerja dan bersikap ilmiah. Fokus program studi ini pada mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi.

2. Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial menekankan pada pemahaman prinsip-prinsip kemasyrakatan untuk mendorong siswa untuk mengembangkan potensinya dalam menciptakan kedamaian dan kesejahteraan hidup bersama. Fokus program studi ini pada mata pelajaran Kewarganegaraan, Ekonomi, Sejarah dan Sosiologi.

3. Program Studi Bahasa menekankan pada pemahaman multikultural dan komunikasi secara efektif melalui bahasa. Fokus program studi ini pada mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Bahasa Asing lainnya (selain Bahasa Arab), Tekhnologi Informasi dan Komunikasi.
4. Program Studi Ilmu Agama Islam menekankan pada pemahaman prinsip-prinsip tentang pengetahuan Agama Islam, untuk mendorong siswa mengembangkan potensinya menjadi ahli agama Islam (tafaqquh fi ad-diin). Fokus program studi ini pada mata pelajaran Tafsir dan Ilmu Tafsir, Ilmu Hadits, Ushul Fiqih, Tasawuf dan Ilmu Kalam.

Struktur Kurikulum Program Bersama
Pendidikan Agama : Qur’an-Hadits, Aqidah-Akhlaq, Fiqh, SKI,
Pendidikan Umum : Matematika. Fisika, Kimia, Biologi, Geografi, Sosiologi, Ekonomi,
Penjaskes, Seni budaya, TIK
Pendidikan Bahasa : Bahasa Indonesia, Arab dan Inggris

Struktur Kurikulum Program IPA
Pendidikan Agama : Qur’an-Hadits, Aqidah-Akhlaq, Fiqh, SKI,
Pendidikan Umum : Matematika. Fisika, Kimia, Biologi, Penjaskes, Seni budaya, TIK
Pendidikan Bahasa : Bahasa Indonesia, Arab dan Inggris

Struktur Kurikulum Program IPA
Pendidikan Agama : Qur’an-Hadits, Aqidah-Akhlaq, Fiqh, SKI,
Pendidikan Umum : Sosiologi, Ekonomi, Geografi, Sejarah, Kesenian, Penjaskes, Seni budaya, TIK
Pendidikan Bahasa : Bahasa Indonesia, Arab dan Inggris

Struktur Kurikulum Program IPS
Pendidikan Agama : Qur’an-Hadits, Aqidah-Akhlaq, Fiqh, SKI,

Pendidikan Umum : Sosiologi, Ekonomi, Geografi, Sejarah, Kesenian, Penjaskes, Seni budaya, Pendidikan Bahasa : Bahasa Indonesia, Arab dan Inggris


Sejarah Perkembangan Madrasah Aliyah Soebono Mantofani

MA Soebono Mantofani adalah salah satu lembaga pendidikan formal di lingkungan Yayasan Soebono Mantofani. Didirikan secara resmi pada tanggal 25 April 1998 berdasarkan Surat Keputusan Ketua Umum Yayasan Soebono Mantofani No.01/SK/YSM/A-1/IV/1998. Dan tercatat pada Kantor Wilayah Departemen Agama Propinsi Banten dengan Nomor Statistik Madrasah (NSM) : 31.2.28.04.06.017. Berdirinya lembaga ini (MA. Soebono Mantofani) dilatarbelakangi atas permintaan orang tua/wali siswa/i MTs. Soebono Mantofani serta masyarakat sekitar agar yayasan membuka lembaga pendidikan tingkat menengah atas (MA) sebagai upaya untuk melanjutkan pendidikan bagi siswa/i yang telah lulus dari MTs Soebono Mantofani khususnya, dan siswa/i MTs atau SLTP di lingkungan desa Jombang-Ciputat pada umumnya.
Pada awal pendiriannya, MA Soebono Mantofani telah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Hal ini terbukti pada pendaftaran siswa baru, angkatan pertamanya untuk tahun pelajaran 1998/1999 MA Soebono Mantofani telah menerima siswa/i sebanyak 41 orang. Para pendaftar terdiri dari 50 % lulusan MTs. Soebono Mantofani, 30 % lulusan MTs lain (negeri dan swasta) dan 20 % lulusan SLTP (negeri dan swasta). Sebagian siswa (laki-laki) tinggal di Pondok Pesantren Soebono Mantofani dan sebagian lain pulang pergi dari rumahnya masing-masing.
Sejak didirikannya pada tahun 1998 (tahun pelajaran 1998/1999) sampai akhir tahun 2006, MA Soebono Mantofani belum menempati fasilitas belajar khusus (gedung sendiri) seperti lembaga-lembaga pendidikan lainnya yang berada di bawah naungan Yayasan Soebono mantofani. Pilihan program studi atau jurusan tetap ditawarkan kepada siswa. Dan Alhamdulillah dengan ketetapan hati dan berani menanggung cost yang tinggi (karena siswanya masih sedikit) untuk senantiasa komit dalam memberikan pelayanan yang prima dan memuaskan terhadap seluruh siswa, akhirnya pada tahun kedua (tahun pelajaran 1999/2000) MA Soebono Mantofani memberikan kesempatan untuk memilih 2 (dua) program studi/jurusan, yaitu : Program Studi Ilmu Pengatahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial.

Sampai pada saat itu (tahun 1998 sd. 2006) kegiatan belajar mengajar siswa/i-nya menempati ruang kelas gedung Madrasah Ibtidaiyah (MI) Soebono Mantofani. Akan tetapi sekarang 20 Januari 2007, pembangunan gedung MA Soebono Mantofani telah selesai dan siap untuk dipergunakan. Hal ini tentunya, atas ridla dan izin dari Allah SWT. juga atas usaha dan upaya yang keras dari Ketua Umum Yayasan Seobono Mantofani Ibu Hj. Titi Sri Sulaksmi Soebono yang didukung sepenuhnya oleh anak-anak, para menantu dan cucu-cucu (AMANCU) beliau yang tidak mengenal lelah baik siang maupun malam selalu mencurahkan seluruh pemikirannya untuk kemajuan Yayasan Soebono Mantofani.


Keadaan Jumlah Siswa-i MA. Soebono Mantofani
1999 : 41 siswa
2000 : 88 siswa
2001 : 126 siswa
2002 : 134 siswa
2003 : 118 siswa
2004 : 120 siswa
2005 : 131 siswa
2006 : 137 siswa
2007 : 146 siswa
2008 : 157 siswa
2009 : 171 siswa

Keadaan Lulusan Siswa MA. Soebono Mantofani
Sebgian besar lulusan Madrasah Aliyah melanjutkan ke perguruan tinggi negeri diantara yang telah tercatat adalah sebagai berikut:

PTN : UIN Jakarta, UI, IPB, UNSYIAH, Kuala NAD, IAIN Sultan Hasanudin

PTSwasta : Universitas Trisakti JKT, UNMU, UNILAM, UHAMKA, UNTAG
Instansi lain : Dep. Kehakiman, Polisi, Pedagang, Wirausaha, bengkel, industri kecil, perusahaan swasta dll

Kader lulusan mendatang diharapkan mampu menembus untuk ke perguruan tinggi di luar negeri dalam rangka memperluas jaringan komunikasi antar alumni serta memperluas pengetahuan, yang nanatinya dikemudian hari diharapkan mampu mengembangkan Madrasah Aliyah ini. Atas partisipasi dari semua pihak kami mengucapkan banyak terima kasih, semoga sukses selalu….